Minggu, 07 November 2010

KEAJAIBAN OTAK KANAN MANUSIA YANG TERABAIKAN


KEAJAIBAN OTAK MANUSIA YANG TERABAIKAN
( Bedah Buku Super Great Memory, by Mr.SGM )

Kebanyakan dari kita merasa mempunyai daya ingat yang sangat lemah atau merasa memiliki daya ingat yang menurun dengan alasan bertambahnya usia atau karena memasuki usia senja. Padahal apabila kita mengetahui rahasia otak kita, maka walaupun seluruh informasi yang ada di dunia ini dimasukkan ke dalam otak manusia, otak kita tidak akan penuh bahkan belum cukup separuhnya terisi, sungguh suatu keajaiban yang luar biasa diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Namun sayang manusia tidak mampu membaca rahasia keajaiban otaknya. Akan tetapi hal ini tidak menjadi rahasia lagi setelah diungkap oleh penulis buku “ Super Great Memory “ yang ditulis oleh Mr.SGM ( Irwan Widiatmoko ) Pemegang Rekor Pertama Daya Ingat MURI.
Sebelum kita menjelajahi keajaiban otak manusia, mari kita sejenak memerhatikan bagaimana kemampu-
an otak yang dimiliki oleh seekor lebah :
Lebah dapat membuat tempat penyimpanan madu yang efektif, mereka membuat sarangnya dalam bentuk heksagonal sehingga mampu memuat madu yang banyak dan aman, dalam memenuhi sumber makanannya mereka membagi tugas sesama koloninya, lebah yang mendapat tugas mencari sumber makanan dapat memberi informasi kepada koloni mereka dengan kode tersendiri melalui gerakan tarian khusus dengan meliuk-liukkan badannya sesuai arah yang ditemukan sehingga koloninya dapat dengan mudah menemukan sumber makanannya sebagai bahan untuk diolah menjadi madu.
Lebah menghasilkan  madu jauh melebihi dari kebutuhannya demi untuk pemanfaatan bagi kesehatan manusia, suatu tindakan yang sangat mulia dan patut mendapat pelajaran darinya. Bagaimana dengan manusia yang diberi kesempurnaan oleh Allah yang dilengkapi akal pikiran, bentuk rupa yang menawan serta diciptakan bumi dan isinya bahkan seluruh alam semesta ini semua diciptakan oleh Allah Yang Maha Penyayang hanya diperuntukkan bagi kemaslahatan manusia. (menjadi renungan bagi kita semua)
Kelebihan lain yang dimiliki oleh lebah adalah bagaimana membuat madu jadi awet dengan menjaga kelembaban sarangnya. Juga dapat menjaga pertukaran udara manakala suhu udara sedang memanas dengan cara mengipas sarangnya dengan sayapnya untuk  mengindari pencemaran udara.
Lebah dapat mengeluarkan getah untuk melem sarangnya jika terjadi kebocoran juga melindungi madu dari serangga yang berhasil masuk ke dalam sarangnya dengan cara pembalsaman. Sungguh  suatu kemampuan optimal yang dipertontonkan oleh seekor lebah dengan kapasitas otak hanya 7000 sel . Coba kita bandingkan dengan sel otak manusia yang memiliki 1 Triliun sel, yang artinya bahwa sel otak manusia 142.857.143 kali lipat dari sel otak lebah. Kalau Lebah bisa melakukan sesuatu yang luar biasa dan bermakna bagi manusia, bagaimana dengan kita ? apa yang bisa dilakukan oleh kita dengan memiliki 1 Triliun sel otak ? apakah sudah mengoptimalkan keseluruhan sel otak kita ? sungguh suatu tantangan bagi kita semua untuk berbuat sesuatu bagi sesama.
Jika sel otak kita mati sejuta setiap hari, maka jumlah sel otak yang berkurang jika kita mencapai umur 100 tahun hanya berkurang sekitar 3,6 %, sungguh merupakan angka yang sangat kecil.
Namun menurut penelitian para ilmuan mengatakan bahwa jumlah sel otak manusia bisa bertambah, bagian-bagian otak manusia dapat menghasilkan ribuan sel otak baru setiap hari.
Otak adalah alam semesta seberat satu kilogram ( Marian C.Diamond ).
Jika seluruh informasi buku perpustakaan di dunia atau seluruh informasi jaringan telekomunikasi di dunia dimasukkan ke dalam otak, otak manusia tidak akan penuh.
Jika setiap detik dimasukkan 10 informasi sampai kita meninggal, ke dalam otak kita, misalnya sampai umur kita 100 tahun, maka otak manusia belum terisi separuhnya, sungguh fantastis..
Kapasitas otak manusia adalah angka satu diikuti angka nol yang panjangnya 10 pangkat 5 juta kilometer. Deretan nol sepanjang 10 pangkat 5 juta kilometer adalah sebanding dengan perjalanan bumi ke bulan sebanyak 14 kali pulang pergi.
Potensi otak manusia yang digunakan rata-rata hanya sekitar 0,0001% dari potensi otak manusia yang sesungguhnya. Para ahli jiwa pada tahun 1950 meneliti bahwa potensi otak manusia yang digunakan rata-rata hanya sekitar 50%, pada tahun 1970 sebesar 10%, tahun 1980 sekitar 1%, dan tahun 1990 yaitu 0,01%. Saat ini rata-rata potensi otak manusia yg digunakan kurang lebih 0,0001%.
Penurunan potensi otak manusia di atas bukanlah gambaran penurunan otak manusia yg digunakan, tetapi gambaran semakin akuratnya alat yg digunakan utk mengukur potensi rata-rata otak manusia. Yang artinya bahwa manusia baru sedikit menggunakan kemampuan otaknya. Inilah temuan baru yang dilakukan oleh penulis buku ini dengan menyingkap rahasia keajaiban otak manusia.
Bagaimana cara melejitkan daya ingat kita sampai 500%, Mr.SGM menemukan tekniknya dengan cara memberi kejut pada otak kanan khususnya yang berhubungan dengan daya ingat dan kreativitas. Teknik tersebut dilakukan melalui program khusus dalam bentuk CD yang berisi music instrumental dan animasi yang dapat menggali atau meng upgrade daya ingat kita, dipandu dengan teknik-teknik yang digunakan dalam sebuah buku yang berjudul ” Super Great Memory ”.   Salah satu tekniknya untuk melejitkan daya ingat adalah dengan cara menghafal sesuatu dengan menggunakan otak kanan. Hal ini dilakukan dengan melatih daya hayal dan imajinasi sehingga memory kita dapat bertahan lama ( long term memory ).
Otak manusia akan lebih optimal manakala dapat menggunakan otak kanan dan otak kiri secara seimbang. Inilah rahasia negara-negara maju dalam mencetak generasi unggulnya seperti Jepang, China, Korea, Amerika, dll. Kapan Indonesia menyadari hal ini ? atau sudah lama mengetahuinya tapi tidak melakukan apa-apa.
      Penggunaan kedua sisi otak yang tidak seimbang, seperti kecenderungan menggunakan otak kiri saja akan berdampak kepada sikap seseorang dalam melihat suatu masalah. Mereka akan lebih banyak melihat perbedaannya dari pada persamaannya, lebih melihat segala sesuatu secara parsial atau terkotak-kotak tidak secara holistik atau menyeluruh. Mereka juga memiliki sifat buruk sangka, iri, dan senantiasa berpikiran negatif, sedangkan orang yang menggunakan kedua sisi otaknya secara seimbang dapat melihat segala sesuatunya secara menyeluruh atau holistik dan senantiasa berperasaan positif, melihat dunia menyatu bukan terpisah-pisah, melihat suatu persamaan bukan perbedaan.


Hasil rangkuman dari buku : Super Great Memory, by Mr.SGM.
Di sarikan oleh : Arman A.Amirullah
Staf Direktorat Pembinaan TK dan SD, Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas. 2008

5 komentar:

  1. Sangat SUPER, Bangsa kita perlu banget pengetahuan seperti ini, setidaknya generasi mudanya. Tentunya dibarengi para pendidiknya dari tingkat TK s/d Perguruan tinggi, juga Kyai di Pesantren.

    Wass, Candra

    BalasHapus
  2. perlu sekali terutama Kyai-nya yg di pesantren.
    Mudah2an kami jd diundang oleh PB-NU Pusat utk mengisi materi dalam seminar Internasional ttg Penanggulangan terorisme khususnya di pesantren.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. silahkan melalui toko bagus.com

    BalasHapus